Seminar tentang Pemanfaatan Mineral Batubara

FGD Minerba

Pontianak – Pelaksanaan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara serta Inpres Nomor 3 Tahun 2013 tentang Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Mineral melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Dalam Negeri harus didorong dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pelaku Usaha (stakeholder) di sektor sumberdaya mineral.

Sehubungan dengan itu, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral menyelenggarkan Seminar tentang Pemanfaatan Mineral Batubara  dengan tema “Perkembangan Hilirisasi Bauksit di Indonesia” yang dilaksanakan pada hari Rabu (4/11/15) di Hotel Aston Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Seminar tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Menteri Bidang Investasi dan Produksi KESDM, Agus Budi Wahjono, SE, MM dengan peserta terdiri dari KESDM, Dinas Pertambangan dan Energi Prov. Kalbar, Kalteng, Kepulauan Riau, Maluku Utara serta Kabupaten/Kota se Kalbar, Dinas Perindag, Dinas Hubkominfo, BPMPTSP, Disbun dan Dishut Prov. Kalbar, kemudian dihadiri juga pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) sumberdaya mineral, Sucofindo dan Surveyor Indonesia Cabang Pontianak.

Adapun para narasumber dalam seminar tersebut yaitu Direktur Pembinaan Pengusahaan Minerba  KESDM, Kepala Bappeda Prov. Kalbar, Direktur Pembinaan Program Minerba KESDM, Asisten Deputi Insfrasruktur Pertamben Kemenko Bidang Kemaritiman, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Direktur Industri Material Dasar Logam Kementerian Perindustrian, Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan Kemendag, Ketua Indonesia Smelter and Mineral dan PT. Harita.

Dalam sambutannya Agus Budi Wahjono mengatakan bahwa untuk mendorong pertumbuhan smelter dan investasi serta memperoleh kepastian hukum maka peran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam hal ini Dinas Pertambangan dan Energi sangat penting, KESDM mengarahkan supaya pembinaan dan pengawasan di bidang sumber daya mineral dilakukan secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *