Motor Listrik Panel Surya Ramah Lingkungan

motorsurya

RAMAH lingkungan karena tidak mengeluarkan asap, tidak menggunakan oli dan bahan bakar fosil merupakan beberapa alasan Ferdy Ardian memodifikasi Motor Listrik (Molis) menjadi tunggangannya dalam beraktivitas.

Belum lagi, harga Bahan Bakar Minyak yang kian tahun kian meroket, meninggalkan problema tersendiri bagi pemilik kendaraan berbahan bakar minyak. Namun Ferdy, sapaannya, tak perlu sibuk memikirkannya.

Ia tak perlu mengantre BBM yang jumlah pengantrenya semakin naik. Sebab Molis miliknya berjenis matic yang dimodifikasi menggunakan panel surya sudah dapat menjajal jalanan.

Ferdy membeli Molis dari milik temannya seharga Rp 1 juta, dimana molis dalam keadaan rusak. Ferdy membutuhkan waktu dua hari untuk mempelajari, memperbaiki dan memofifikasi Molis.

Akhirnya didapat, kelemahan rancangan asli molis adalah tidak mempertimbangkan kekuatan battery. Pasalnya, molis terlalu banyak menggunakan lampu pijar yang mengakibatkan molis jadi boros energi.

“Jadi saya copot yang tidak perlu dan saya berencana untuk menggantinya dengan lampu jenis LED. Saya kombinasikan Molis dengan panel surya sebagai inovasi pertama di Kota Pontianak,” ujarnya kepada Tribunpontianak.co.id, belum lama ini.

Selain ramah lingkungan dan tidak memerlukan BBM, kelebihan molis juga tidak berisik. Saat melintas, yang terdengar hanya suara angin saat berkendara di jalanan sepi. Maka perlu hati-hati karena orang tidak tahu jika ada kendaraan lewat.

“Sebaiknya hanya menggunakan 50 persen dari kapasitas battery. Jika dipakai sampai benar-benar habis, maka akan mengurangi umur battery,” katanya.

Maksud Ferdy memodifikasi Molis dengan panel surya yakni supaya selalu tersedia charger saat di siang hari dengan alasan menjaga kapasitas battery tidak kurang dari 50 persen. Selain itu, tidak perlu repot mencari colokan listrik. Untuk rumah yang sudah terinstalasi listrik tenaga surya, bisa
charger dengan panel surya saat parkir di dalam garasi yang tidak terkena matahari langsung.
Ferdy pun sudah memodifikasi jaringan pengisi daya motor  menjadi 12 volt dari rancangan asli motor yang menggunakan 48 volt.

“Battery dapat diisi saat parkir dengan panel surya 50 watt peak sekitar 1,5 – 2 jam pada waktu energi matahari mulai efektif sekitar pukul 09.00-15.00 WIB setelah 10 kilometer perjalanan. Durasi charging akan lebih lama jika perjalanan lebih dari 10 kilometer,” jelas Ferdy.

Ferdy melanjutkan, untuk memperpendek durasi charging bisa dengan menambah daya panel surya dengan konsekuensi akan membutuhkan permukaan yang lebih luas. Sebetulnya, tambah Ferdy, Molis dapat dicharging saat berjalan dengan menggunakan solar charge controller 48 volt. Namun harganya masih tinggi.

“Biaya modifikasi menghabiskan Rp 2 juta untuk panel surya, controller, kabel-kabel dan saklar. Itu di luar biaya motor,” pungkasnya.

Tak seperti motor berbahan bakar minyak, jarak tempuh Molis hanya sekitar 40-50 km full battery. Kecepatan maksimumnya pun cuma 35 km/jam untuk dynamo yang berdaya 350 watt. Molis juga lemah pada medan tanjakan dan suku cadang serta service yang masih sedikit.

Aplikasi Molis, sambung Ferdy, dapat ditujukan untuk orang yang aktivitasnya berada di kantor, kampus atau sekolah dari pagi sampai siang atau sore. Jadi battery di-charge oleh panel surya yang menempel di motor saat parkir.

“Jika tempat parkirnya beratap, bisa dipasang panel surya di atap tempat parkir motor. Tetapi ini membutuhkan dukungan dan kerjasama dari perusahaan atau pemerintah,” imbuhnya.

Tujuan Ferdy memodifikasi Molis bertenaga surya ialah semata hendak memanfaatkan energi matahari untuk alat transportasi.

“Saya ingin mensimulasikan keadaan 10-20 tahun kedepan yang mungkin bahan bakar semakin mahal dan langka. Harapannya orang-orang banyak yang mulai menggunakan motor listrik yang dikombinasikan dengan panel surya,” harapnya

5 Responses to Motor Listrik Panel Surya Ramah Lingkungan

  1. arya berkata:

    saya sependapat sama masfredi ini merealisasikan mimpi saya yang belum keturutan, sy baru dpt bangke molis tp belum punya kemampuan buat bikin kayak gini masbro. ada fb ato email buat ngobrol2 soal molis dan panel surya? thnx before bro

  2. ratna berkata:

    Memang untuk menghemat energi kita gunakan kendaraan bermotor…..Harga Motor Honda Murah Terbaru

  3. nasia berkata:

    Halo…Saya pengen tau lebih lanjut soal ini, saya bisa meminta contact person yang bersangkutan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *