Survey Desa Belum Berlistrik

Desa belum berlistrik

PONTIANAK – Dalam rangka melaksanakan program Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Barat untuk pemetaan desa belum berlistrik di Provinsi Kalimantan Barat. Pada tahun anggaran 2014, Bidang Ketenagalistrikan, Minyak dan Gas Bumi melakukan survey desa belum berlistrik.

Adapun salah satu desa yang menjadi tujuan kegiatan ini adalah Desa Kumpang Tengah Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak. Adapun dari hasil analisa kegiatan tersebut bahwa karakteristik beban yang ada di Desa Kumpang Tengah, termasuk kategori beban konsumsirumah tangga yang ditujukan dengan tidak adanya industri pada desa tersebut. Pada konsumen rumah tangga pola pembebanan ditujukan dengan adanya fluktuasi konsumsi energi listrik yang cukup besar. Jumlah daya yang dibutuhkan oleh rumah tangga sebesar 450 watt/rumah sehingga kebutuhan daya yang diperlukan untuk dipasok PLN sebesar 450 waatt x 705 rumah = 317.250 watt, namun persoalan utama adalah belum adanya insfrastruktur ketenagalistrikan berupa jaringan tegangan menengah yang menjangkau wilayah tersebut. (Oes)

Sumber : Bidang Ketenagalistrikan, Minyak dan Gas Bumi Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Barat

2 Responses to Survey Desa Belum Berlistrik

  1. martius berkata:

    memang desa kumpang tengah,kecamatan sebangki,kab landak belum teraliri listrik,sehingga masy sangat mengharapkan adanya listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *